Review Harga Kamera Nikon D5 dan Spesifikasi Lengkap

AneKamera - Menyambut tahun baru Nikon kembali menghadirkan sebuah kamera DSLR sensor besar. Nah kali ini tak salah jika kemudian kami hadirkan review kamera Nikon D5 untuk anda. Kamera Nikon D5 merupakan pendatang baru untuk kelas profesional yang mengisi jajaran kamera FX-format. Kamera DSLR full frame terbaru ini menawarkan berbagai kemapuan performa yang benar-benar baru. Berbagai inovasi pencitraan terbaru melekat erat dalam sebuah kamera yang sangat layak untuk anda miliki. Kamera Nikon D5 hadir dengan teknologi pencitraan dengan sensor CMOS 20.8 megapixel. Sensor besar tersebut juga didukung dengan teknologi sistem AF dengan 153 titik yang banar-benar baru. Para pecinta videografi juga dimanjakan dengan kualitas pengambilan film dengan kualitas 4K UHD video capture yang sangat menakjubakan. Jika masih kurang kamera terbaru ini juga telah dilengkapi dengan image processor berkecepatan tinggi yang sudah begitu mendunia yaitu EXPEED 5. Semua teknologi tersebut menyatu dalam sebuah kamera yang mengedepankan kinerja yang seimbang, presisi, dan kekuatan yang baik dalam cahaya rendah.

Nikon D5 merupakan kamera generasi penerus dari kamera D-series besutan Nikon. Kamera ini meneruskan kekuatan Nikon D4S yang tahun yang lalu telah menemani para pecinta fotografi profesional dunia. Kini dengan hadirnya kamera pro yang baru diharapkan mampu kembali mengulang kesuksesan Nikon sebagai raja imaging. Beberapa kelebihan dan keunggulan teknologi terbaru Nikon D5 akan kami ulas secara singkat berikut ini.

Sensor

Nikon D5 hadir dengan sensor beresolusi cukup tinggi yaitu 20.8 megapixel. Hal ini rasanya menjadi salah satu yang tertinggi untuk kamera full frame Nikon. Sebelumnya di Nikon D4 dan Nikon D4S hadir dengan sensor 16 megapixel. Baru kemudian melonjak secara tajam pada Nikon D5 untuk mengejar gelar kamera terbaik untuk pengambilan gambar cahaya rendah. Hal ini  meneruskan kesuksesan Nikon D4S yang hadir sebelumnya. Dengan sensor tinggi Nikon D5 menawarkan rentang ISO asli yang belum pernah terjadi pada kamera sebelumnya. Kamera baru ini menawarkan rentang ISO asli dari 100 hingga 102.400, hal ini mempertegas bahwa Nikon D5 sebagai pemimpin kamera dalam hal pengambilan gambar rendah cahaya. Kamera baru ini juga menawarkan sensitivitas ISO yang sangat tinggi yaitu ISO 3200 dan 12800. Untuk cahaya rendah yang sangat ekstrim kamera ini bisa diupgrade dari ISO 50 (Lo-1 ke ISO 3.280.000. Sangat mengejutkan bukan?

Review Harga Kamera Nikon D5 dan Spesifikasi Lengkap

Sistem AF

Kamera baru ini juga menawarkan modul sensor baru yang memberikan kinerja super mantap. Mengandalkan Multi-CAM 20K AF, Nikon D5 memberikan 153 titik autofokus termasuk 99 crostype sensor, tiga poin AF dari kamera sebelumnya. Dari 153 point AF, 55 point AF dan 35 crosstype point bisa dipilih oleh pengguna dengan cepat dan mudah untuk proses pengambilan gambar. Sistem AF yang baru ini bisa dikonsfigurasi dalam beberapa pilihan 153, 72 dan 25 point apabila digunakan dengan continous AF. Hal ini memungkinkan kinerja pelacakan AF bisa lebih tepat, bahkan untuk subjek yang bergerak dengan cepat di dalam seluruh frame. Sistem AF yang baru ini juga dikombinasikan dengan sistem RGB metering baru 180K pixel serta Advanced Scene Recognition System yang membantu mencapai eksposur optimal yang seimbang dan white balance yang akurat, bahkan untuk kondisi cahaya yang menantang sekalipun.

Body dan display

Nikon D5 sebagai kamera profesional full frame yang juga sering digunakan di luar ruangan memberikan desain body yang kuat dan tahan terhadap cuaca. Selain itu kamera ini juga menawarkan sebuah antarmuka yang sudah ditingkatkan atau ditambah fitur baru yang sangat membantu pengguna dalam pengoperasian. Hadir dengan layar LCD dengan ukuran yang sama dengan Nikon D4S 3.2 inch, namun memberikan resolusi yang lebih tinggi dengan 2359K dot XGA yang sudah ditambah fungsi layar sentuh. Dengan fitur yang baru tersebut, pengguna dapat dengn mudah mengoperasikan kamera untuk zoom, swipe maupun scrub pada saat mengoperasikan kamera, bahkan mampu memasukkan teks lebih cepat daripada sebelumnya. Sebagai kamera juara dalam pengambilan cahaya rendah, sudah sewajarnya Nikon D5 memberikan tombol tambahan untuk dial penerangan untuk meningkatkan visibilitas. Sementara ada dua tombol fungsi tambahan lain untuk meningkatkan kustomisasi. Sementara itu mekanisme shutter dan cermin sequencing nyaris mampu menghilangkan blackout dan mirror slap untuk kecerahan serta pandangan yang kosisten selama digunakan untuk pemotretan berkecepatan tinggi.

Media penyimpanan

Untuk meningkatkan kecepatan dan proses penyimpanan, Nikon D5 memberikan kemampuan membaca data gambar yang superior dan menuliskannya melalui kartu memori XQD. Memori ini memiliki kemampuan 35% lebih cepat dari kartu CF. Sehingga untuk menarik para calon pengguna Nikon D5 rencananya akan tersedia dalam dua versi, baik dengan slot kartu XQD ganda atau dengan kemampuan  kartu CF ganda. Untuk efisiensi maksimal, kamera ini juga mampu menembak gambar RAW berukuran kecil untuk jenis file di S maupun jenis file M (12-bit, unkompres). Hal ini untuk fleksibilitas yang lebih besar ketika mentransfer batch file dari lapangan, sementara tetap mempertahankan integritas dari gambar tersebut. Selain itu pengguna juga bisa menggunakan built-in 1000 Base-T 400MBps Ethernet untuk mentransfer gambar dengan keepatan hingga 1,5x lebih cepat dari Nikon D4S.

Video

Nikon D5 merupakan kamera DSLR Nikon pertama yang memiliki kemampuan menangkap video dengan kualitas 4K UHD (3840x2160 di 30p). Hal ini diusung Nikon agara pengguna bisa menciptakan video Ultra HD menakjubkan dengan kejelasan dan warna yang indah. Pencipta konten multimedia juga bisa memanfaatkan Nikon D5 untuk membuat video 4K time-lapse menggunakan fungsi Movie Time-lapse, dan bisa membuat delapan megapixel gambar diam dari frame. D5 juga memberikan fitur level pro yang ada pada kamera Nikon D810, termasuk diantaranya adalah Full HD 1080p video pada berbagai frame rate, uncompressed HDMI out, simultan live view dan koneksi headphone/microphone. Selain itu kamera Nikon D5 ini juga menambahkan fitur untuk memperlancar transisi paparan menggunakan fungsi auto ISO serta kompensasi eksposur untuk membuat transisi paparan terlihat alami dalam video.

Demikian tadi adalah review kamera Nikon D5 secara singkat. Semoga dengan review singkat di atas anda bisa sedikit mendapat gambarang dari kamera baru Nikon D5. Hingga saat ini kami belum bisa memastikan kapan akan hadir di Indonesia. Namun kamera ini akan segera dirilis pada tanggal 24 Maret 2016 dengan kisaran harga $6,495.95 atau sekitar 86,5 jutaan. Nah bagi anda penggemar fotografi profesional persiapkan dana yang lumayan besar untuk mengupgrade kamera anda. Untuk Harga kamera Nikon selengkapnya silahkan kunjungi Daftar Harga Kamera Nikon.

Spesifikasi Nikon D5

Body type
Body type Large SLR
Sensor
Max resolution 5588 x 3712
Image ratio w:h 1:1, 5:4, 4:3, 3:2
Effective pixels 21 megapixels
Sensor photo detectors 21 megapixels
Sensor size Full frame (35.9 x 23.9 mm)
Sensor type CMOS
Processor EXPEED 5
Image
ISO Auto, 100-102400 (expandable to 50-3280000)
Boosted ISO (minimum) 50
Boosted ISO (maximum) 3280000
White balance presets 12
Custom white balance Yes (6 slots)
Image stabilization No
Uncompressed format RAW
JPEG quality levels Fine, normal, basic
Optics & Focus
Autofocus Contrast Detect (sensor), Phase Detect, Multi-area, Center,  Selective single-point, Tracking, Single, Continuous, Touch, Face Detection, Live View, 
Number of focus points 153
Lens mount Nikon F
Focal length multiplier
Screen / viewfinder
Articulated LCD Fixed
Screen size 3.2″
Screen dots 2,359,000
Touch screen Yes
Screen type TFT LCD
Live view Yes
Viewfinder type Optical (tunnel)
Viewfinder coverage 100%
Viewfinder magnification 0.72×
Photography features
Minimum shutter speed 30 sec
Maximum shutter speed 1/8000 sec
Aperture priority Yes
Shutter priority Yes
Manual exposure mode Yes
Subject / scene modes No
Built-in flash No
External flash Yes (via hot shoe and flash sync port)
Continuous drive 14.0 fps
Self-timer Yes (2, 5, 10, 20 secs)
Metering modes Multi
Center-weighted
Highlight-weighted
Spot
Exposure compensation ±5 (at 1/3 EV, 2/3 EV, 1 EV steps)
AE Bracketing ±5 (2, 3, 5, 7 frames at 1/3 EV, 2/3 EV, 1 EV steps)
WB Bracketing Yes
Videography features
Resolutions 3840 x 2160 (30p/25p/24p), 1920 x 1080 (60p/50p/30p/25p/24p), 1280 x 720 (60p/50p)
Format MPEG-4, H.264
Videography notes 1.5X crop mode with DX lenses
Microphone Stereo
Speaker Mono
Storage
Storage types Dual CompactFlash or dual XQD
Connectivity
USB USB 3.0 (5 GBit/sec)
HDMI Yes (mini-HDMI)
Microphone port Yes
Headphone port Yes
Wireless Optional
Wireless notes Requires WT-5A or WT-6A
Remote control Yes (wired, wireless, smartphone)
Physical
Environmentally sealed Yes
Battery Battery Pack
Battery description EN-EL18a lithium-ion battery & charger
Battery Life (CIPA) 3780
Weight (inc. batteries) 1415 g (3.12 lb / 49.91 oz)
Dimensions 160 x 159 x 92 mm (6.3 x 6.26 x 3.62″)
Other features
Orientation sensor Yes
Timelapse recording Yes
GPS Optional
GPS notes GP-1A


Blog, Updated at: 10.24